Uang Ekonomi - Bagaimana Ia Membantu Pertumbuhan Ekonomi Kita

Penulis

  • Bona Tando

Abstrak

Sistem uang ekonomi berkembang dari awal perdagangan untuk berfungsi sebagai alat pertukaran uang yang lebih stabil, aman, dan andal. Penggunaan uang moneter sebagai uang menyediakan media sentral untuk berdagang dan membeli barang. Ini pertama kali terjadi untuk menggantikan barter.
Sebelum terciptanya uang ekonomi, seseorang dapat menukar barangnya dengan orang lain dengan cara barter. Barter selalu menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan penawaran terbaik atas barang-barang yang dapat diperdagangkan seperti pakaian, produk pertanian, dll. Barter juga berguna bagi orang-orang yang tidak punya waktu untuk membawa semua barang mereka saat akan membeli sesuatu. atau saat pulang ke rumah setelah perjalanan jauh.
Penciptaan sistem uang ekonomi memungkinkan pertukaran barang dan jasa dengan mudah melalui penggunaan barter dan media untuk menjaga kestabilan transaksi. Ini juga satu-satunya cara untuk menukar uang untuk menghindari kehilangan barang saat melakukan barter tanpa menggunakan mata uang. Sebelumnya, individu harus bersusah payah menghitung dan menuliskan uang yang mereka butuhkan untuk berdagang dengan orang lain. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang sangat malas dalam hal perdagangan.
Pada masa-masa awal, individu dapat menukar produk, atau mereka dapat membayar dengan uang tunai atau koin. Tidak ada cadangan yang bisa membantu menyimpan barang yang akan ditukar, jadi barang harus dipindahkan. Hal ini menimbulkan masalah bagi para pedagang, terutama dalam hal makanan.
Karena kebutuhan barang untuk dipindahkan dengan sistem barter, pedagang membutuhkan cara untuk menyimpan barang tanpa harus berdiam diri untuk waktu yang lama. Di sinilah penciptaan sistem uang ekonomi berperan.
Seorang pedagang dapat menyimpan barangnya sampai permintaan akan barang tersebut meningkat. Ketika ini terjadi, dia dapat menjual barang-barang yang tidak terjual ke pedagang lain dengan untung dan mendapat untung dari setiap penjualan. Pada saat yang sama, dia bisa mendapatkan bunga atas jumlah uang yang dia peroleh dari menjual barang. dengan menyimpan uang di sakunya. Dengan cara ini, barang yang dia beli akan lebih dari cukup untuk melunasi biaya penyimpanan ketika dibutuhkan dan bunganya akan dibayarkan kepadanya.
Akan sangat membantu jika Anda menyimpan uang dan menjualnya di masa depan. Seorang pedagang akan mendapatkan lebih banyak uang jika dia telah menyimpan cukup uang dan bunga untuk dapat menyimpan barang lain saat dibutuhkan. Ini bisa dilakukan dengan mengambil pinjaman, yang juga akan menguntungkan pedagang.
Seiring berjalannya waktu, barang menjadi lebih murah dan mudah diangkut. Pedagang mulai merasa perlu memiliki lebih dari cukup uang dan bunga untuk menutupi semua biaya yang mereka keluarkan dalam melakukan bisnis.
Penciptaan uang dan bunga ekonomi juga membantu mengurangi risiko kehilangan barang bagi pencuri. Seorang pedagang dapat menyimpan barang-barangnya sampai permintaan akan barang tersebut meningkat, kemudian menjualnya dan mendapatkan keuntungan. Namun, karena sulit untuk memprediksi berapa banyak yang dibutuhkan untuk melakukan penjualan, pedagang harus sangat berhati-hati agar tidak kehilangan terlalu banyak barang mereka.
Para ekonom percaya bahwa uang dan bunga ekonomi penting untuk memastikan bahwa semua konsumen dapat menikmati manfaat kapitalisme. Dengan memperbolehkan konsumen untuk membeli barang yang mereka inginkan, pengusaha dan pengecer dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan keuntungan setinggi mungkin. sambil menyediakan barang dengan kualitas terbaik kepada pelanggan mereka.
Dengan diperkenalkannya uang dan bunga ekonomi, semua individu diuntungkan. Pedagang dan pengecer menjadi jauh lebih kompetitif karena mereka akan dapat menjual barang yang mereka miliki dan tetap mendapat untung yang baik sambil memastikan bahwa konsumen terus membeli barang dari mereka. Ketika pasar bagus, ekonomi akan makmur.
Sistem moneter telah membantu meningkatkan banyak ekonomi modern kita. Dengan itu, pedagang dapat menikmati keuntungan dari persaingan dan arus modal dan uang memungkinkan mereka untuk meningkatkan penjualan mereka dan mendapatkan pengembalian investasi yang lebih baik, yang pada gilirannya memungkinkan mereka untuk membangun dan mempertahankan bisnis yang telah membantu meningkatkan banyak orang. komunitas kami.

Referensi

Maulana, S. (2016). Peningkatan Kenyamanan Termal Ruang Melalui Perbaikan Kinerja Ventilasi Satu Sisi pada Rumah Deret Tipe 45 di Medan.

Sartini, S., & Usman, M. (2014). UJI ANTI MIKROBA EKSTRAK AKAR SOM JAWA (Tanilum paniculatum, Jacq.(Gaertn)). BIOLINK: Jurnal Biologi Lingkungan Industri Kesehatan, 1(1), 18-26.

Fauziah, I. (2018). Isolasi dan Karakteristik Bakteri pada Air Gambut di Kawasan Desa Sungai Daun Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

Siregar, M. Y., & Ningsih, I. W. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT KISEL (ANAK PERUSAHAAN PT TELKOMSEL) MEDAN. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 3(1).

Rizky, I., & Hermanto, E. (2018). Evaluasi Perencanaan Bangunan Siphon Pada Bendung Sei Padang Kab. Serdang Bedagai Sumatera Utara. JCEBT (JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING, BUILDING AND TRANSPORTATION), 2(2), 65-73.

Parulian, T. (2017). Revitalizing Cooperatives in Medan Municipal City, Indonesia: An Alternative Concept and Approach. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM).

Harahap, D. A. (2017). Tinjauan Yuridis terhadap Pelaksana Pengawasan Pilkada Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 dalam Mewujudkan Demokrasi di Daerah. JURNAL MERCATORIA, 10(1), 10-17.

Tanjung, D. A. (2019). UJI JAMUR POLYPHORUS PADA PERMUKAAN KAYU KELAPA SAWIT YANG TELAH DIIMPREGNASI DENGAN ASAP DESTILAT DARI CANGKANG BUAH KELAPA SAWIT KOMBINASI ASAM AKRILAT. JURNAL KIMIA SAINTEK DAN PENDIDIKAN, 3(1), 15-18.

Maswandi, M. (2017). PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN KERJA DI PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 5(1), 36-42.

Tampubolon, T., & Yanti, J. (2015). APLIKASI PEMANFAATAN CITRA SATELIT LANDSAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PERUBAHAN LAHAN KRITIS DI KOTA MEDAN DAN SEKITARNYA. Spektra: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 16(2), 15-19.

Kurniawan, H., Indrawati, A., & Gusmeizal, G. (2019). Utilization of Liquid Palm Organic Fertilizers and M-Bio Biological Fertilizers Against Growth and Production in Okra Plants (Abelmoschusesculentus L. Moench). Jurnal Ilmiah Pertanian (JIPERTA), 1(2), 113-122.

Sari, D., Riyanto, R., & Karim, A. (2017). KONTAMINASI BAHAN PLASTIK PADA JAJANAN PASAR (GORENGAN) YANG BEREDAR DI KOTA MEDAN. BIOLINK (Jurnal Biologi Lingkungan Industri Kesehatan), 4(1), 19-23.

Kartika, A. (2015). IMPLEMENTASI CRIMINAL POLICY TERHADAP PERTANGGUNG JAWABAN KEJAHATAN KORPORASI. Jurnal Ilmiah Penegakan Hukum, 2(2), 193-209.

Fernanda, F. (2015). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Efektivitas Organisasi di Biro Umum Bagian Humas dan Protokoler Kantor Gubernur Sumatera Utara. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 3(1), 55-67.

Chandra, R. H. (2015). Akumulasi Timbal (Pb) dan Keanekaragaman Jenis Lichenes di Taman Kota Medan. BIOLINK (Jurnal Biologi Lingkungan Industri Kesehatan), 2(1), 23-37.

Berampu, L. T. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS WAKTU PROYEK DAN DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS BIAYA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PT PAN PASIFIC NESIA SUBANG–JAWA BARAT). JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 1(1), 9-20.

Pane, A. A. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kecurangan: Survei Pada Pemprov Sumatera Utara. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 40-48.

Lubis, R., & Budiman, Z. (2014). HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN KINERJA DOSEN DI" UNIVERSITAS X". Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 9(3).

Munthe, S. (2019). Analisa Perawatan Mesin Digester dengan Metode Reliabity Centered Maintenance pada PTPN II Pagar Merbau. JIME (JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING), 3(2), 87-94.

Amelia, W. R. (2017). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN BERINGIN INDAH PEMATANG SIANTAR. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 4(1), 50-60.

Fatmawaty, F., Nuddin, A., & Halimah, A. S. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS KULINER ITIK PALEKKO DI RUMAH MAKAN KHAS BUGIS DI KABUPATEN SIDRAP. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5, 262-270.

Pohan, F. A., & Dalimunthe, H. A. (2017). Hubungan Intimate Friendship dengan Self-Disclosure pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Media Sosial Facebook. Jurnal Diversita, 3(2), 15-24.

Kurniaty, E. Y. (2015). Affirmative Action: Reservation Seats untuk Perempuan di Parlemen India. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 3(2), 187-196.

Zulfikar, A. J., Umroh, B., & Siahaan, M. Y. R. PENYELIDIKAN PERILAKU MEKANIK MATERIAL POLYMERIC FOAM DIPERKUAT SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) AKIBAT BEBAN STATIK DAN IMPAK.

Ilvira, R. F., Suryantini, A., & Darwanto, D. H. (2014). ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS BUAH NAGA CV. KUSUMO WANADRI KULONPROGO. Agro Ekonomi, 25(2), 185-194.

Sahputra, D. (2020). Manajemen Komunikasi Suatu Pendekatan Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 152-162.

Dalimunthe, H. A., Dewi, S. S., & Faadhil, F. (2020). Pelatihan Universal Design for Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dalam Mengajar. JURNAL DIVERSITA, 6(1), 133-142.

Nurmaidah, N. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL STAD TAHUN PELAJARAN 2017/2018”. Jurnal Media Inovasi Edukasi (JMIE), 4(3), 798-805.

Hardini, S., & Sitohang, R. (2019). THE USE OF LANGUAGE AS A SOCIALCULTURAL COMMUNICATION. JURNAL LITTERA: FAKULTAS SASTRA DARMA AGUNG, 1(2), 238-249.

Syahrial, H., & Robica, D. (2014). Analisis Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervinig pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Medan. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 1(1), 43-49.

Rhadiatullah, S. H., & Sinulingga, R. F. (2016). SELF DETERMINATION PADA RELAWAN PEMBERDAYAAN PEMUDA. JURNAL DIVERSITA, 2(1).

Pane, E., Siregar, T. H., & Rahman, A. (2017). Model penanggulangan kelangkaan penyadap di perkebunan karet. JURNAL AGRICA, 10(1), 1-12.

Jamillah, J. (2015). Pertanggungjawaban Hukum dalam Pengembalian Aset Hasil Korupsi di Indonesia. JURNAL MERCATORIA, 8(2), 163-175.

Siregar, F. H., & Dalimunthe, H. A. (2018). Hubungan antara Religiusitas dengan Penalaran Moral Siswa Kelas VIII MTSN 2 Bener Meriah.

Zuhanda, M. K. (2013). Optimasi Program Linier Pecahan Dengan Fungsi Tujuan Berkoefisien Interval.

Dalimunthe, M., & Sari, W. P. (2018). Pengaruh Penerapan Aplikasi Elektronik Faktur Pajak (E-Faktur, E-Billing) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Subulussalam.

Putri, S. M. (2018). ANALISIS ANTENA MIKROSTRIP FRAKTAL SIERPINSKI GASKET MIMO. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, 4(2), 55-61.

Harahap, G. Y. (2020). Instilling Participatory Planning in Disaster Resilience Measures: Recovery of Tsunami-affected Communities in Banda Aceh, Indonesia. Budapest International Research in Exact Sciences (BirEx) Journal, 2(3), 394-404.

Parinduri, M. A. Pendidkan sekolah berbasis agama dalam persfektif multikultural.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.

Prasetyo, H. A., & Sinaga, L. L. (2017). Respon Pemberian Jenis dan Dosis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). Jurnal Agroteknosains, 1(01).

Saraswaty, R. KENYAMANAN PEJALAN KAKI TERHADAP PEMANFAATAN TROTOAR DI JALAN BRIGJEN KATAMSO MEDAN. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 3(1 JUNI), 9-14.

Harahap, F. (2013). Strategi Public Relations Badan Wakaf Indonesia Dalam Mensosialisasikan Wakaf Tunai.

Bilqis, M. H., & Rusdan, M. A. (2015). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(1).

Harahap, A. J. (2015). Analisis Hukum Pemberian Kredit kepada Usaha Kecil di Provinsi Sumatera Utara. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 7(2), 125-131.

Siregar, A., & Nasution, A. (2018, June). KARAKTERISTIK AKUSTIK SERAT SABUT KELAPA MUDA. In SEMNASTEK UISU 2018.

Zulfikar, A. J., Umroh, B., & Siahaan, M. Y. R. (2019). DESIGN AND MANUFACTURE OF SKATEBOARD FROM BANANA STEM. JMEMME (JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING MANUFACTURES MATERIALS AND ENERGY), 3(2), 109-116.

Mumpuni, M. (2016). Variasi Morfologi Pteris Vittata l.(Pteridaceae; Pteridophyta) dan Korelasinya dengan Ketinggian Lokasi Tempat Tumbuhnya di Jawa. BIOLINK: Jurnal Biologi Lingkungan Industri Kesehatan, 2(2), 100-109.

Lubis, A. A., & Wahyuni, W. S. (2018). Akibat Hukum Bagi Perusahaan yang Melakukan Pemutusan Hubungan Kerja Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (Studi Putusan No. 179/Pdt. Sus. PHI/2017/PN. Mdn).

Purba, A. W. D., & Alfita, L. (2018). Perbedaan Motivasi Kerja antara Karyawan Kontrak dengan Karyawan Tetap di JNE Express Across Nation Cabang Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Diterbitkan

2020-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel